skip to Main Content
Forum Knowledge Management ”Student-Centered Learning: Urgensi, Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran”

Forum Knowledge Management ”Student-Centered Learning: Urgensi, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran”

Pada kesempatan kali ini Forum Knowledge Management hadir dengan tema “Student-Centered Learning : Urgensi, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran” yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini di hadiri oleh seorang narasumber yaitu Ibu Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. (Dosen dan Peneliti Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia).

Student Centered Learning (SCL) pada dasarnya adalah mengarahkan kepada siswa bagaimana belajar dan berfikir yang ujungnya bagaimana mereka memiliki ketrampilan untuk hidup. Dalam SCL maka, segala tanggung jawab dan kendali ada pada mahasiswa. Dosen hanya sebagai fasilitator, scaffolder, coach atau narasumber saja. Keterlibatan aktif mahasiswa dalam membentuk pengetahuan sangat di perlukan.

Metode SCL ini lebih efektif dari pada TCL dimana memberi kesempatan ide dari para mahasiswa keluar. SCL bukan berarti mahasiswa dibiarkan belajar sendiri namun dosen memberi feedback, memantau dan memicu lebih dalam materi yang dibahas sehingga muncul active learning dan kesabaran dosen diuji dalam metode SCL ini. Dosis tepat pemberian materi oleh dosen dalam penerapan SCL itu sangat penting. Selain dosen dan mahasiswa ada peran institusi dalam penerapan SCL salah satunya pemberian pelatihan SCL dan memberikan kebebasan dosen dalam pengajaran.

Apa saja yang melatarbelakangi SCL?

  1. Perkembangan teknologi
  2. Kebutuhan dunia kerja
  3. Persepsi konsep belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top