skip to Main Content

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Digitalisasi Pembayaran Syariah Pada UMKM

Sabtu, 24 Juli 2021, Direktorat Inovasi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Digitalisasi Pembayaran Syariah Pada UMKM”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini diawali oleh sambutan dari Ibu Hanny Nurlatifah, M.M. selaku Direktur Inovasi.

Ibu Erika Takidah yang merupakan Dosen Keuangan Syariah UNJ dan juga Narasumber pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini membuka pembahasannya dengan menjelaskan tentang Transformasi Digital.

Kemudian Ibu Erika Takidah membahas Kategori Layanan dalam Ekonomi Digital. Dimana kategori yang pertama adalah On Demand Services, kategori ini merupakan layanan yang dikembangkan atas dasar kebutuhan konsumen. Kedua, Kategori Fintech, kategori ini merupakan inovasi pada sektor finansial. Dan Kategori yang terakhir yaitu E-Commerce, kategori ini merupakan penyebaran penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa secara online.

Setelah itu, Ibu Erika Takidah membahas Layanan Pembayaran Digital Syariah di Indonesia, layanan-layanan yang ada yaitu saldo terhimpun di Bank Syariah, transaksi tanpa riba dengan sertifikat dari DSN MUI, diterima di seluruh merchant LinkAja sesuai dengan ketentuan Syariah, isi saldo yang flexible dari dan ke seluruh Bank termasuk Bank Syariah, berfungsi juga untuk dompet digital/tidak perlu memiliki rekening bank, dana tunai bisa ditarik melalui merchant atau ditransfer, dan terakhir yaitu pake basic dan full service.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Digitalisasi Pembayaran Syariah Pada UMKM” yang dilakukan secara online melalui zoom meeting ini ditutup pada pukul 11.00 WIB.

Back To Top