Focus Group Discussion “Kajian Karakteristik Muslimpreneur”
Pada tanggal 2 Juli 2020, Ibu Hanny Nurlatifah, MM (Direktur Direktorat Manajemen Inovasi dan Program UAI) mengadakan kegiatan Focus Group Disscussion via Zoom Meeting Online yang membahas dampak UMKM pada masa pandemik Covid-19 serta kajian karakteristik muslimpreneur. Kegiatan diskusi tersebut dihadiri oleh beberapa pengusaha dari berbagai jenis bidang diantaranya, fashion, IT, dan Food and Beverage yang ada di berbagai daerah di Indonesia.
Paparan pertama yang disampaikan yaitu mengenai alasan dari para pelaku usaha dalam memulai usahanya serta nilai-nilai dasar apa saja yang dapat diterapkan dalam berusaha. Selain itu, faktor yang diyakini oleh para pelaku usaha sebagai penunjang keberhasilan usaha adalah mental yang kuat,semangat yang tinggi, adanya niat dan passion. Untuk melakukan usaha diperlukan juga kepercayaan pelanggan pada usaha yang dirintis, hal yang dapat dilakukan seorang pelaku usaha untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah dengan membangun hubungan untuk mensejahterakan orang lain dan bertanggung jawab.
Elemen-elemen Model Muslimpreneur di Indonesia :
- Religious Foundation
- Spiritual Activation
- Human and Nature Interaction
- Moral Guidance
Menurut para pelaku usaha tersebut, melakukan usaha di masa pandemi Covid-19 ini memiliki dampak yang cukup dirasakan, dimana pengurangan karyawan harus dilakukan oleh pelaku usaha. Selain itu, banyak dari tempat usaha yang dimiliki oleh para pelaku usaha tersebut yang terpaksa harus gulung tikar. Maka dari itu, para pelaku usaha harus mempersiapkan diri menju kenormalan baru. Elemen-elemen dari model Muslimpreneur di atas jika diterapkan dapat menjadi upaya dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19.